Urgensi Ma'rifatullah

Normal 0 0 2 false false false MicrosoftInternetExplorer4

Bismillahirrahmaani rrahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ijinkan kami untuk menyampaikan mutiara tarbiyah minggu ini. Dalam mutiara-mutiara tarbiyah yang lalu kita sedikit mengingat kembali tentang syahadat. Minggu ini kami ingin mengajak sahabat sekalian untuk mengingat kembali tentang pentingnya/urgensi Ma'rifatullah (mengenal Allah).

Seperti yang sahabat-sahabat sekalian ketahui, Ma'rifatullah berasal dari kala ma'rifah dan Allah. Ma'rifah berarti mengetahui, mengenal. Mengenal Allah bukan melalui zat Allah tetapi mengenal-Nya lewat tanda-tanda kebesaranNya (ayat-ayatNya) .
Ma'rifatullah itu penting karena dengan mengenal Allah seseorang pasti akan tahu tujuan hidupnya dan tidak tertipu oleh dunia(QS 51:56).

Ma'rifatullah merupakan ilmu yang tertinggi yang harus difahami manusia. Hakikat ilmu adalah memberikan keyakinan kepada yang mendalaminya. Ma'rifatullah adalah ilmu yang tertinggi sebab jika difahami memberikan keyakinan mendalam.

Memahami Ma'rifatullah juga akan mengeluarkan manusia dari kegelapan kebodohan kepada cahaya hidayah yang terang (QS 6:122).

Semakin kita mencoba mengenal/mendekati Allah, Allah akan semakin dekat pada kita, dan Allah akan memberikan kita kemerdekaan (QS 6:82), ketenangan (QS 13:28), barokah (QS 7:96), kehidupan yang baik (QS 16:97), surga (QS 10:25-26), dan mardhotillah (QS 98:8). Semakin kita mengenal Allah, maka akan semakin bertambah pula keimanan dan ketaqwaan kita.

Dengan sedikit mengingat kembali tentang urgensi ma'rifatullah, semoga kita semakin ingin dan berusaha untuk mengenal Allah.

Sekian Mutiara Tarbiyah minggu ini, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian. Wallahualam bi shawab.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tim Mutiara Tarbiyah KAMMI-Jepang