Ke Surga karena Takut kepada Allah

Kajian Midori Suzukakedai kali ini dibawakan oleh Abdurrisyad Fikri, mahasiswa M1 yang baru saja bergabung di Tokodai sekitar dua bulan yang lalu. Materi yang dibahas mengacu kepada buku karya Ustadz Anshari Taslim yang berjudul “Thariqus Shalihin; Jalan Para Penghuni Surga”. Lebih lengkapnya bias disimak di paragraf berikut.

Sudah umum diketahui bahwa syarat utama untuk masuk ke Surga adalah Iman. Tanpa iman, mustahil seseorang bisa masuk ke surge Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana kita ketahui, paman Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Thalib saja yang jasanya sangat besar terhadap Islam, tidak bisa masuk ke surga dan berada di neraka sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

Ibnu Abbas meriwayatkan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya adalah Abu Thalib, dia dipakaikan dua sandal dari neraka dan dengan itu otaknya jadi mendidih.” (HR. Muslim, no. 212)

Selain itu, Allah juga berfirman di dalam Al Qur’an surah Ali Imran ayat 91 yang terjemahannya:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah diterima dari seorangpun dari mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (sebanyak) itu. Bagi merekalah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh pelindung.”

Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk ragu, bahwa syarat masuk ke surga adalah Iman.

Iman yang benar akan disertai rasa takut kepada Allah dan juga harap kepada Allah. Kajian kali ini membahas hikmah dari rasa takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Hikmah rasa takut kepada Allah antara lain:

1. Ampunan Allah bagi yang takut kepada-Nya

2. Dua surga untuk mereka yang takut pada Tuhan mereka

3. Berada dalam naungan khusus dari Allah

4. Takut melakukan dosa sebagai salah satu penyebab terkabulnya doa

5. Takut kepada Allah menjadi motivasi dalam beramal

6. Orang-orang yang takut kepada Allah akan dimenangkan di muka bumi

7. Di akhirat Allah akan memberikan rasa aman bagi yang takut kepada-Nya di dunia

8. Takut kepada Allah sebgai salah satu penyelamat untuk kehidupan dunia dan akhirat

Untuk hikmah yang pertama, salah satu dalilnya adalah Al Qur’an surah Al-Mulk ayat 12 yang terjemhannya adalah sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar” (QS. Al-Mulk: 12).

Untuk materi kajian selanjutnya dapat diunduh di sini ya. Jika ingin lebih lengkap, silahkan baca di bukunya, bisa pinjam ke pematerinya langsung, hehe.