Panduan Islam di Jepang

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Selamat datang kepada warga baru tokodai!!!

Postingan kali ini ingin membahas sedikit tentang turbo adaptive guide for muslim tokodai.

Setelah terbiasa hidup di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, lalu kemudian pindah ke jepang dimana muslim minoritas tak jarang menimbulkan beberapa “kegalauan”. Agar “kegalauan” ini tidak berlarut-larut, kami ingin sedikit men-share beberapa pengalaman pindah habitat ini.

Biasanya, yang menjadi “kegalauan” utama adalah mencari makanan halal dan mencari tempat shalat.


1. Makanan

Kalau di indonesia kita bisa dengan mudah menemukan makanan halal, dari supermarket sampai jajanan mamang-mamang, beda halnya dengan disini. Babi, khamr, dan teman-temannya adalah sesuatu yang sangat umum dikonsumsi, jadi memang harus pintar pilih-pilih untuk mencari makanan halal.

## Kampus

Alhamdulillah, di kantin kampus tokodai telah disediakan menu-menu berlogo halal. Makanan berlogo halal di kantin ini memenuhi kriteria :

  1. No Pork or its by-product
  2. No Alcohol of any source
  3. Slaughtered according to Islamic law
  4. No mixing with non Halal food stuff
  5. All ingredients have been checked
  6. Separate utensils are used

Pastikan menyebut kata halal ketika memesan menu ini, misalnya “halal beef kare onegaishimasu”. Menu halal yang tersedia cukup beragam, untuk kantin kampus suzukakedai misalnya, tersedia menu:

  1. タンドリチキン (Halal tandori chiken)*
  2. チキントマト煮 (Halal chiken tomato – ni)*
  3. 南蛮カラシチキン (Halal Nanban karashi chiken)*
  4. チキンカレー煮 (Halal chiken kare – ni)*
  5. ビーフカレー (Halal beef kare)
  6. ラーメン (Halal ramen)
  7. Halal Gyudon dan menu berlogo halal lain (kadang-kadang)

*keempat menu ini bergantian setiap harinya, biasanya cukup pesan “halal chicken” saja

Untuk kantin kampus ookayama pun tersedia beberapa menu berlogo halal juga seperti di atas.

Selain itu, di kantin kampus suzukakedai juga tersedia salad bar (sayur mayur) dan hotbar (lauk atau sayur masak) dengan model prasmanan. Makanan berlogo halal ditandai dengan lingkaran kuning atau tulisan HALAL di sekitar nampan nya.

Ada juga kue (cake) berlogo halal yang juga ditandai dengan lingkaran berlatar kuning. Ada 4 dari 6 kue di kantin ini berlogo halal.

Alternatif menu berlogo halal lainnya adalah di Co-op (koperasi kampus). Tersedia pizza slice berlogo halal (produk Thailand) dengan 3 pilihan rasa.

Alternatif yang lain lagi adalah memesan makanan dari katering sahabat midori, seperti mas Gerald atau mas Sholihul, yang dijamin halal dan mengobati kerinduan akan citarasa Indonesia :)

Selain makanan berlogo halal, di kantin kampus juga tersedia berbagai menu ikan (dibakar, digoreng, goreng tepung), gorengan (ada yang mirip ubi, ada yang daun entah apa), dan makanan lainnya yang secara kasat mata tidak mengandung babi atau bahan-bahan yang diharamkan lainnya.

## Luar Kampus
Makanan Berat
1. Restoran Halal
Sebenarnya sudah terdapat banyak restoran halal di daerah tokyo dan yokohama. Restoran halal yang dimaksud disini, meskipun ada yang belum mendapat logo halal dari lembaga islam resmi, tapi mereka telah mengklaim makanan yang mereka jual halal (meskipun belum tentu semuanya). Umumnya restoran timur tengah, india, indonesia, dan lain-lain.
Untuk daerah tokyo (dan jepang secara umum) :
https://www.facebook.com/KehidupanDiJepang/photos/a.197853263692489.62485.152795408198275/411867242291089/?type=1&theater
Untuk daerah yokohama :
http://blagodatima.wordpress.com/2014/03/04/restoran-yang-ada-menu-halal-di-yokohama/

2. Warung sushi
Makanan jepang banget. Warung sushi relatif cukup mudah ditemukan, dari warung sushi mahal, sampai warung sushi 100yen-an. Pada dasarnya yang disajikan di warung sushi adalah ikan, seafood, telur, sayur secara kasatmata, kecuali yang sushi babi (ada lho ternyata!).

3. Soba dan udon
Ini juga makanan jepang banget. Soba dan udon relatif cukup mudah ditemui dimana-mana. Pastikan jangan memesan soba/udon yang mengandung daging. Biasanya terdapat pilihan soba udon kakiyage (semacam bakwan), chikuwa (olahan ikan), atau ebi-tempura (udang). Salah satu warung udon/soba yag sangat praktis adalah Sibu-Soba (しぶそば), umumnya terdapat di stasiun-stasiun besar, seperti Aobadai, Nagatsuta, Chuorinkan, dll. Di Aobadai letaknya di dalam gate stasiun, sehingga bisa mampir kesana dan pergi lagi tanpa perlu membayar ongkos kereta.


4. Restoran western
Untuk restoran western, sebenarnya ada banyak sekali dan tersebar dimana-mana. Beberapa yang biasa digandrungi karena cabangnya ada dimana mana misalnya, Seizeriya, makanan yang dipilih bias berdasarkan list alergi ini: https://www.dropbox.com/s/1lz8p6uxns71by4/Seizeriya%20Alergy.pdf
Gasto, dsb.


Makanan kemasan
Untuk makanan/minuman kemasan, cara untuk mengidentifaksinya adalah dengan melihat ingredients atau keterangan alerginya. Kanji semua, tentu saja. Karena itu sangat baik untuk menghafalkan kanji-kanji bahan-bahan terlarang, jadi tinggal pastikan tidak ada bahan-bahan terlarang di ingredients makanan nya. Berikut link list kanji bahan terlarang/meragukan:
http://pmij.us/islam-di-jepang/halal-haram/bahan-yang-perlu-diperhatikan.html

Untuk memudahkan, telah ada juga saudara kita yang mensortir berbagai makanan dan minuman kemasan, yang bahkan sampai menanyakan ke produsennya. Link berikut bias menjadi referensi yang sangat baik :

  1. https://www.facebook.com/pages/SERIJAYA-INDONESIA/175849819132269?sk=photos_albums

  2. https://www.facebook.com/pages/Halal-Japan/503821533010825?sk=photos_albums

2. Tempat shalat

## Kampus

Di kampus tokodai, Alhamdulillah juga telah tersedia tempat–tempat yang biasa digunakan sebagai tempat shalat.

Untuk kampus Ookayama:

1. Gedung S3 (South Building 3) lantai 10+ : Disini diadakan shalat jumat (12.30) dan shalat berjamaah (waktu berubah-ubah, perhatikan papan pengumuman di mushalla ini)

2. Gedung W9 (West Building 9) lantai paling atas+

3. Gedung Ishikawadai 1 lantai paling atas+

Untuk kampus suzukakedai, terdapat beberapa spot yang biasa dijadikan tempat shalat.

1. Gedung B2, lantai 12+ : Disini diadakan shalat jumat. Jadwalnya 12.30

2. Gedung J2, lantai 20 : Disini diadakan shalat berjamaah, yang waktunya berubah-ubah. Pastikan bergabung di grup Jamaah Suzukake (Line).

3. Gedung G1 lantai 10+

4. Gedung G5 lantai 9+

 

## Luar Kampus

 

Di tokyo dan yokohama juga terdapat beberapa masjid dan mushalla, sayangnya lokasinya relatif cukup jauh dari kampus. Berikut link peta masjid di kawasan tokyo dan yokohama http://goo.gl/lenmrw

Tempat lain? Sebenarnya, seluruh tempat bisa dijadikan tempat shalat asal bukan WC, kuburan, atau tempat najis (tempat sampah, tempat pemotongan hewan, dsb). Tapi tentu kita perlu memperhatikan banyak faktor juga. Usahakan pilih tempat yang tidak mengganggu aktifitas orang, dan tidak membuat shalat kita terganggu dengan aktifitas orang. Biasanya, alternatif tempat shalat adalah : taman, tempat parkir, tangga darurat, dsb. Usahakan untuk meminta izin jika terdapat petugas berwenang di sekitar tempat kita akan shalat.

Yang tidak kalah penting, jangan lupa hadiri kajian rutin midori,

 

Mushala Ookayama : Setiap Jumat pukul 19.45

Area Suzukakedai : Hari Minggu pukul 12.00 (2 kali sebulan)

Midori Akhwat : khusus akhwat

Segitu dulu untuk share-an kali ini, semoga bermanfaat. And last but not least, Keep Ukhuwah  :)

 

Yap, mari bersama-sama kita saling menguatkan dan saling mengingatkan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh