Menggapai Ridho Illahi

Bismillahirrohmanirrohiim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sahabat midori yang dirahmati Allah SWT. Berikut resume kajian midori yang disampaikan oleh Ust. Bentang semalam (4 Oktober 2013) dengan judul "Menggapai Ridho Illahi". Jazaakallahu khoiron.

Dalam Surah Al Bayyinah ayat 7 dan 8 :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, mereka itu sebaik-baik makhluk"

جَزَاؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا
ۖ رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ


"Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya".

Berdasarkan ayat diatas maka untuk menggapai ridha Allah adalah
1. Menjadi orang yang beriman,
2. Mengerjakan amal sholeh,
3. Orang yang takut kepada Allah.

Pembahasan ditekankan point nomor 2. Bagaimana Allah ridha kepada kita dengan mengerjakan amalan sholeh? Ust. Bentang memaparkannya dalam 2 point.Pertama, dengan mengerjakan amal sholeh itu dengan niat ikhlas karena Allah Ta'ala.

Kedua, mengerjakannya dengan yang terbaik. Kita bisa melihat contoh yang terdekat, bagaimana orang Jepang mengerjakan profesinya dengan penuh penjiwaan, totalitas dan profesional. Hal ini tentu saja menjadi bahan introspeksi bagi kita, juga melihat kondisi umat Islam saat ini.

Kita masing-masing memiliki peran dalam kehidupan. Peran sebagai muslim, anak, suami/istri, bapak/ibu, mahasiswa, dosen, lurah, dsb. Berdasarkan peran-peran yang kita miliki, memunculkan pertanyaan renungan.
Apakah kita sudah melakukan dengan maksimal peran-peran tersebut ?

-----
Saat memasuki sesi diskusi, ada tambahan point yang disampaikan selain keikhlasan, dan totalitas dalam menghayati peran, yakni kepemimpinan. Kepemimpinan menjadi penting, agar kita dapat memaksimalkan peran
dengan penuh tanggung jawab.
----

Kami bermohon semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita agar dapat memaksimalkan peran kita saat ini, semata-mata untuk menggapai ridhaMu.

Wallahua'lam bissawab

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Pelayan Midori