Midori Mendukung Proyek Pembangunan Masjid Meguro

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاء وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai tumbuh 100 biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas lagi Maha mengetahui". (Q.S. Al Baqarah : 261)

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barang siapa membangun masjid hanya untuk mencari ridha Allah, niscaya akan dibangunkan yang serupa baginya di surga". (HR. Al Bukhari : 450)

Sahabat Midori yang dimuliakan Allah, beberapa waktu lalu kita telah cukup sering mendengar berita atau informasi baik melalui milis ini maupun diluar milis ini mengenai adanya Proyek Pembangunan Masjid Meguro (link berikut ini).

Hari Ahad, 9 Januari 2011, pelayan midori menghadiri undangan rapat bersama panitia Proyek Pembangunan Masjid Meguro di SRIT. Hasil rapat tersebut telah disampaikan dalam agenda Musyawarah Midori hari Jum'at, 14 Januari 2011. Beberapa point hasil rapat bersama Panitia Proyek Pembangunan Masjid Meguro dan hasil Musyawarah Midori tersebut dapat kami rangkum sebagai berikut :

1. Midori mendukung sepenuhnya adanya Proyek Pembangunan Masjid Meguro. Hal ini telah disampaikan baik secara lisan maupun tertulis oleh amir midori, di forum rapat dengan panitia pembangunan masjid meguro, dan melalui pemasangan banner di website midori.

2. Telah disepakati target bersama penggalangan dana selama 3 bulan pertama (terhitung sejak bulan Desember 2010 - Februari 2011) sebagai gelombang awal Proyek Pembangunan Masjid Meguro dan yang akan dijadikan sebagai salah satu point penting evaluasi 3 bulan pertama adalah penggalangan dana sebesar 20 Juta Yen. Target ini diharapkan memiliki komposisi 15 Juta Yen berasal dari sumber-sumber eksternal dan 5 Juta Yen berasal dari internal (masyarakat dan organisai-organisasi Islam di Jepang).

3. Sebagai wujud dukungan nyata dari Midori, maka untuk jangka pendek Midori bermaksud untuk kontribusi dengan mentargetkan penggalangan dana sebesar 250 Ribu Yen dalam jangka waktu 3 bulan pertama tersebut. Untuk memenuhi target jangka pendek (3 bulan pertama sebesar 250 ribu yen), maka kami selaku pelayan midori menawarkan program "2000 yen per bulan untuk Masjid Meguro" selama 3 bulan pertama (atau 6000 yen per orang). Program ini tentu tidak bermaksud mewajibkan dan memaksa, namun ini sebagai acuan atau referensi bagi pemenuhan target bersama panitia Pembangunan Masjid Meguro. Berapapun Infaq yang sahabat midori berikan tentu keikhlasan dan keridhoan adalah yang lebih utama. Sehingga program ini sifatnya hanya memfasilitasi dan mengkoordinir untuk  mencapai tujuan bersama. Program ini juga Insya Allah kita kampanyekan kepada semua warga midori baik Midori Ookayama maupun Midori Suzukakedai dan juga kepada sebagian alumni Midori.

4. Untuk jangka panjang, Midori menawarkan 3 buah program investasi Proyek Pembangunan Masjid Meguro sebagai berikut :

- Program Auto Debet. Secara singkat, program ini adalah untuk mendukung infaq secara otomatis dengan mengurangi saldo tabungan kita sejumlah uang tertentu untuk kemudian ditransfer ke rekening Panitia Pembangunan Masjid Meguro. Detil informasi program Auto Debet Ini bisa dilihat di link berikut ini. Untuk internal midori, bagi sahabat midori yang menghendaki program ini, pelayan Midori Insya Allah akan mempersiapkan formulir aplikasi tersebut. Sahabat midori cukup menyebutkan Nama, Jumlah uang yang ingin di-infaq-kan perbulan, dan periodenya. Nanti kami pelayan midori dibantu panitia pembangunan masjid meguro akan mengisikan formulir aplikasi auto debet tersebut lalu menyerahkannya ke sahabat midori. Selanjutnya sahabat midori (bisa diantar oleh pelayan midori) tinggal menyerahkannya formulir aplikasi tersebut di kantor Japan Post terdekat.

- Program Kotak Infaq. Untuk aspek kepraktisan, pelayan midori sudah menempatkan sebuah kotak infaq khusus di Mushola South Building 3 Lantai 10+ Kampus Ookayama guna memfasilitasi bagi sahabat midori yang berkeinginan meluangkan sebagian rezekinya untuk mendukung Proyek Pembangunan Masjid Meguro secara cash tanpa ada batasan baik dari nominal/jumlah maupun waktunya.

- Program Celengan/Kenclengan Bulanan. Sejalan dengan ide dari panitia Pembangunan Masjid Meguro, midori juga mengkampanyekan celengan bulanan bagi warga midori. Setiap warga midori diharapkan memiliki celengan di rumah masing-masing, dan bisa diisi kapan saja dan berapa saja sesuai kerelaan masing-masing. Setiap bulannya atau setiap periode tertentu, celengan ini bisa disetorkan melalui pelayan Midori untuk digabung bersama warga midori yang lain dan kemudian selanjutnya akan diserahkan kepada Panitia Pembangunan Masjid Meguro. Bagi warga midori yang menghendaki program ini, kami pelayan midori Insya Allah akan menyediakan celengan tersebut. Sahabat midori cukup mengkontak kami pelayan midori, maka celengan akan kami siapkan dan kami antarkan.

5. Peran lain yang bisa warga midori lakukan secara individu adalah dengan menjadi agen kampanye Proyek Pembangunan Masjid Meguro. Sahabat midori disarankan untuk menyebarluaskan informasi mengenai Proyek Pembangunan Masjid Meguro ini ke masyarakat luar melalui berbagai media yang ada seperti mailing list, FacebookTwitter dan lain-lain. Harapannya dengan semakin luasnya informasi ini tersampaikan ke masyarakat, maka akan membuka peluang bagi sumber-sumber donasi yang lebih banyak sehingga bisa mendorong percepatan target Pembangunan Masjid Meguro.

Bagi sahabat midori yang menghendaki informasi lebih jauh mengenai program ini bisa menghubungi kami pelayan Midori. Kami juga akan menunjuk beberapa orang sahabat midori untuk menginformasikan program ini secara personal dan berantai ke setiap warga midori. Dukungan dari warga midori sekecil apapun tentu akan sanga bermanfaat bagi kesuksesan Proyek Pembangunan Masjid Meguro.

Sedikit mengingat kembali materi Kajian Midori beberapa waktu yang lalu oleh Ustadz Averros mengenai Fiqh Prioritas dalam beramal adalah mengutamakan amalan yang langgeng dan lebih lama manfaatnya. Jadi dukungan terhadap Proyek Pembangunan Masjid Meguro ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mempraktekkan Ilmu yang telah kita peroleh melalui Kajian Midori (setelah prioritas Ilmu atas Amal) karena keberadaan Masjid Meguro Insya Allah akan bermanfaat lama dan jangka panjang.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

a.n Pelayan Midori,

*   Agus Bejo ( agusbj at gmail dot com)
** Tedi Kurniawan (tedzkurn at yahoo dot com)