Pembangunan Masjid Meguro Tokyo

Bismillahirahmanirrahim,

 

Fungsi utama pendirian sebuah masjid adalah sebagai titik pusat kegiatan Islami bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitarnya. Rasullullah memfungsikan masjid tidak hanya sebagai sarana tempat ibadah maghdah (sholat, membaca Al Quran, itikaf, dan berzikir) namun juga menjadikan masjid sebagai ma'had, yaitu pusat penerangan dan informasi, pusat pendidikan dan pengajaran, pusat kegiatan sosial, ekonomi, dan politik (misalnya tempat mengatur strategi, tempat berkumpul sebelum memulai perjuangan, peradilan/tempat menyelesaikan sengketa). Hal ini memperlihatkan bahwa masjid dalam Islam mempunyai arti penting dalam berbagai aspek kehidupan guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat sebagaimana doa yang sering kita panjatkan

Kota Tokyo adalah salah satu kota terpenting di dunia dengan populasi penduduk mencapai lebih dari 12 juta orang. Tokyo selain sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan di Jepang, juga merupakan pusat pendidikan, kebudayaan dan sejarah. Posisi strategis tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas internasional untuk tinggal dan menetap di Tokyo, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kota multi kultural dan multi etnis terbesar di dunia. Komunitas internasional ini mencakup juga Afrika, Eropa, Arab, Asia ( Indonesia , Malaysia , Brunei , Pakistan dan sebagainya). Mereka menetap di Tokyo untuk bekerja atau karena alasan pernikahan, ada juga yang tinggal sementara, seperti pelajar, mahasiswa, tugas kedinasan, kunjungan wisata dan lain-lain.

Di antara berbagai masyarakat pendatang di kota Tokyo terdapat juga masyarakat Indonesia yang sebagian besarnya adalah Umat Islam (± 10.000 orang). Di antara mereka ada yang sudah lama menetap dan membaur sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Walaupun demikian, ciri kepribadian mereka masih sangat kuat ke Indonesiaannya, ramah dan akrab satu dengan lainnya. Kesadaran keagamaan mereka sebagai kaum muslimin tetap hidup dan dalam hati nurani mereka ada kerinduan untuk mempunyai sebuah forum sebagai tempat untuk bersilahturrahim. Sementara ini Masyarakat Islam Indonesia di kota Tokyo belum memiliki masjid yang tetap. Sehingga dalam hampir setiap aktivitasnya meminjam sarana di Sekolah Republik Indonesia Tokyo , ataupun ditempat2 lainnya. Di sinilah terlihat peran penting dan kebutuhan atas pendirian masjid yang permanen di Tokyo sebagai pusat dakwah dan tempat ibadah, untuk dapat mengakomodir kebutuhan sebagian besar masyarakat muslim Indonesia .

Informasi lebih lanjut : http://masjid-meguro-tokyo.org/

Panitia Masjid Meguro Tokyo